Internet - Games - Software - Driver - Tools - Cheat - Tips & Trick - Information - Hacking - Video - Blog - Tutorial

Ads

Wednesday 26 August 2015

Cara Membuat Susunan Kabel Straight Dan Cross





Hallo selamat siang para pengunjung setia BTO (Belajar TKJ Online) oke kali ini admin akan memberikan sedikit pelajaran yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk masa depan kita semua artikel kali ini mengenai susunan jaringan/kabel . Tentu kalian tidak asing dengan yang namanya jaringan karena tanpa jaringan kita tidak bisa berselanjar bebas di dunia maya oke tidak usah berlama lama lagi kali ini admin akan memberikan sedikit pelajaran dan semoga bermanfaat, pelajaran apa itu? 

Oke pelajaran kali ini adalah bagaimana menyusun kabel internet agar bisa terkoneksi ke jaringan karna tidak asal asalan untuk menggunakan internet ini , kita perlu tahu susunan yang pas untuk bisa terkoneksi ke jaringan internet. kali ini yang akan admin jelaskan adalah tentang kabel STRAIGH dan CROSS apa perbedaanya tunggu artikel admin selanjutnya kali ini hanya di jelaskan cara susunan agar pas dan terkoneksi ke internet.

Susunan kabel ini atau kabel UTP ini berguna untuk menghubungkan 1 komputer ke komputer lain dan menghubungkan dari komputer ke modem agar mendapatkan akses internet.

Penjelasanya :

1. Kabel STRAIGHT 

Kabel STRAIGH merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung lainya.

Kabel straight digunakan untuk menghubungkan dua device yang berbeda.

Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai standar TIA/EIA 368B yang paling banyak dipakai . atau juga kadang memakai standar TIA/EIA 368A sebagai berikut :

Contoh penggunaan kabel straight sebagai berikut :

  • Menghubungkan antara komputer dengan switch
  • Menghubungak komputer dengan LAN
  • Menghubungan Router dengan LAN
  • Menghubungkan Switch ke Router
  • Menghubungkan HUB Ke Router



2. Kabel Cross Over

Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susuanan berbeda  antara ujung satu dengan ujung satunya. 

kabel cross over digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama (misal: komputer a ke komputer b). Gambar di bawah adalah susunan kabel cross over standar yang sering digunakan.


Contoh penggunaan kabel cross over sebagai berikut :


  • Menghubungkan 2 Komputer secara langsung
  • Menghubungkan dua buah switch
  • Menghubungkan dua buah hub
  • Menghubungkan switch dengan Hub
  • Menghubungkan komputer dengan router



Oke untuk sementara itu dulu untuk informasi pelajaran lainya tunggu artikel dari admin selanjutnya semoga ilmu ini bermanfaat dan bagi anda yang sudah tau mohon dikembangkan dan di bagikan kepada teman kalian yang belum tahu karena ilmu itu tidak akan habis meskipun kita bagi denagn 10juta orang pun.

Terima kasih jangan lupa untuk berkunjung kembali di Belajar TKJ Online karena masih banyak pelajaran penting untuk masa depan kita. semoga sukses untuk semua amin.

No comments:

Post a Comment

Berkomentar Sesuai Artikel Diatas. Terima Kasih!!!